Resep Masakan Nasi Gandul Khas Pati-Jawa tengah



apa itu nasi gandul ?kalau orang asli pati jawa tengah pasti bilang nasi gandul geyong geyong dan  nasi gandul(geyong-geyong) adalah masakan khas pati jawa tengah. yang letak kota dari semarang sekita 2-3 jam kalau menepuh kota ini naik motor apa naik mobil. nasi gandul,nasi yang disiram kuah santan yang pekat dan rasa mengadung berbagai macam bumbum. nama nasi gandul,bermulah kono penjual nasi gandul membawa masakan dipikul sembaring menbawa masakanya dan disebut nasi gandul. ada juga yang mengitilakan lainya, nasi yang disajikan diatas daun pisang dan disebut gandul diatas piring. nasi gandul ini sudah terkenal di jawa tengah. dihari libur banyak yang mencari nasil gandul ini sampai ke kotanya yang asli buat. dari pada jauh jauh ke kota pati bagi kamu yang tinggal di kota lainnya.


kamu dapat membuatnya sendiri di rumah sendiri dengan resep maskan nasi gandul yang ada di bawah ini. ada dapat menyiapkan bahan-bahannya sebagai berikut, mari simak baik-baik bumbu apa saja yang disiapkan dan cara mebuatnya. Ikut step by stepnya biyar kamu tidak salah mebuat.
Bahan yang dibutuhkan:

    400 gr daging sapi
    2 cm lengkuas
    1700 ml santan
    2 batang serai
    ½ sdt gula merah
    2 cm lengkuas
    1 sdt garam
    2 lembar daun salam
    5 sdm kecap
    2 sdm minyak

Bumbu halus:

    4 siung bawang putih
    ½ sdt jintan
    ½ sdt ketumbar
    ¼ sdt pala
    3 butir kemiri
    2 cm kencur
    10 butir bawag merah
    ½ sdt merica

Cara pembuatan:

1.Langkah pertama adalah dengan cara memanaskan minyak terlebih dahulu untuk kemudian menumis bumbu halus, serai dan juga lengkuas hingga harum
2.Selanjutnya, anda bisa memasukkan daging sapi dan aduk hingga warnanya berubah
3.Lalu masukkan santan, kecap manis, garam dan juga gula merah lalu masak hingga matang
4.Jika selesai, maka anda bisa menyajikan bumbu nasi gandul dengan nasi putih yang masih hangat.

itu cara masak nasi gandul khas pati jawa tengah,yang terknal dimana-mana. karena rasanya yang gurih. nasi gandul ini dapat menabahkan lauk pauk seperti tempe,kerupuk kulit atau kerupuk rabak,bergedel atau perkedel dan aneka daging sapi. nikmatnya nasi gandul ini bila masih hangat dan nasi masih hangat. dijamin kamu akan menukan sensasi kenikmatan nasi gandul. dan silahkan anda buat nasi gandul di rumah anda. selmat mencoba resep masakan nasi gandul khas pati.

No comments:

Post a Comment